PROPOSAL USAHA MIKRO
“SEBLAK”
Tugas
ini disusun untuk memenuhi Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal:
Mata Kuliah : Pengantar Komputer
Dosen Pengampu
: Muhamad Nasim, S.Kom
Kelas: 1E
Disusun oleh :
Tri Faizatu Nabila
(2013115217)
Ekonomi Syariah
Syariah dan Ekonomi Islam
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
(STAIN
PEKALONGAN)
2015
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Semakin meningkatnya
kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, maka semakin meningkat pula
keanekaragaman kebutuhan mereka terutama dalam hal makanan. Setiap daerah
mempunyai karakteristik tersendiri,dilihat dari segi geografi,sosial
budaya,tingkah laku atau dari segi kebiasaan. Semua itun dipengaruhi oleh
keadaan alamnya, lingkungan tempat tinggal atau tingkat penghasilan yang
berbeda-beda.
Orang-orang semakin
kreatif dan inovatif dalam membuat resep baru,tanpa menghilangkan rasa khas
lidah orang Indonesia dalam hal ini kami membuat jajanan yang
sudah tidak asing lagi didengar atau dijumpai di tiap daerah di Bandung yaitu “Seblak”.
Selain rasanya yang enak dan pedas harganya pun relatif murah terjangkau oleh
semua kalangan dan bahannya pun mudah didapat serta cara pembuatannya juga
cukup mudah.
2. Konsep Usaha
Usaha penjualan “Seblak” ini
merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara sebagai batu loncatan.
Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang kita
harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.
3.
Visi Dan Misi
Ø Visi
“Menciptakan produk makanan unggulan yang banyak diminati
atau disukai masyarakat”
Ø Misi
1)
Membuat Seblak yang
beraneka ragam dan digemari oleh semua kalangan
2)
Memasarkan seblak di beberapa
tempat
3)
Menyiapkan dan menyediakan
beberapa outlet seblak beberapa di tempat ramai, misalnya sekolah, kampus,
maupun mall-mall
4)
Membangun usaha wisata
kuliner makanan khas Indonesia
4. Tujuan
Adapun tujuan didirikan
usaha penjualan “Seblak” adalah :
1) Memperoleh
penghasilan/pendapatan.
2) Memenuhi kebutuhan
masyarakat.
3) Menciptakan lapangan
kerja.
4) Memanfaatkan peluang usaha
yang ada.
5. Analisis SWOT
a.
Strength (Kekuatan)
Strength merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam
organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis
merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep
bisnis itu sendiri.
b.
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam
organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis
merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep
bisnis itu sendiri.
c.
Opportunities (Peluang)
Opportunities merupakan kondisi peluang berkembang di
masa datang yang akan terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari
organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri misalnya, competitor,
kebijakan pemerintah, dan kondisi lingkungan sekitar.
d.
Threat (Ancaman)
Threat merupakan kondisi
yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek, atau
konsep bisnis itu sendiri.
BAB II
PRODUK
1. Jenis Produk
Jenis produk yang kami
akan kami jual yaitu berupa makanan yang terbuat dari berbagai macam bahan yang
tidak asing lagi, dengan cita rasa yang beda dari produk lain yang sudah tidak
asing lagi didengar atau dijumpai di daerah Kota Bandung, sehingga banyak
masyarakat yang ingin mencoba rasa dari “Seblak” produk kami
ini.
2.
Peralatan Yang Dibutuhkan
Dalam pembuatan “Seblak” ini
banyak membutuhkan peralatan yang akan memperlancar produksi usaha kami,
diantarannya adalah :
·
Kompor gas
·
Tempat memasak seblak
·
Peralatan makan
3.
Bahan Baku
Bahan baku dari Seblak adalah :
1)
Bawang merah
2)
Bawang putih
3)
Kencur
4)
Cabe
rawit
5)
Garam
dan penyedap secukupnya
6)
Telur
7)
Daun bawang
jika suka
8)
Daun
jeruk jika suka
9)
Bahan
yang akan di buat menjadi seblak (berbagai
macam kerupuk, macaroni, siomay, berbagai macam mie, ceker, jamur, sosis, bakso, dan lain-lain)
4.
Lokasi Usaha
Mencari lokasi yang
strategis dan mudah di jangkau masyarakat. Lokasi yang berdekatan dengan
sekolah-sekolah, berdekatan dengan kantor-kantor. Dan lokasi yang mudah dicari
dan mudah untuk kendaraan juga.
BAB III
ASPEK
PEMASARAN
1.
Pasar Keseluruhan
Makanan “Seblak” ini
kami tujukan untuk semua golongan anak muda yang suka mengonsumsi jajanan yang pedas, tetapi orang
tua pun cukup banyak peminat seblak, dan
juga untuk pecinta kuliner makanan seblak itu patut untuk dicoba dan dinikmati.
2.
Rencana Penjualan
Mencari lokasi yang
strategis dan cocok untuk penjualan. Membuat tempat makan seblak yang enak dan
cocok untuk para anak muda yang menghabiskan wakunya. Disediakan juga Wifi
gratis jadi anak muda yang datang akan betah berlama-lama ditempat itu. Dan
disediakan air putih gratis.
3. Penetapan Harga
Untuk harga jual seblak dari
Rp.10.000 yang biasa dan Rp.15.000 yang special. Mungkin harganya cukup berbeda karena didukung dengan tempat
yang nyaman dan enak untuk berkumpul dengan teman-teman.
BAB IV
PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA
1.
Struktur Organisasi
1) Direktur Perusahaan : Tri Faizatu Nabila
2) Manager Produksi : Aretha Fiorenza Budi Oktavia
3) Manager Keuangan : Lasukma Shafa Aurellia B.W
4) Manager Logistik : Zidan Rifqi Muzaki
5) Manager Pemasaran : Muhammad Jafar
2.
Job Description
1) Direktur utama / Pemilik Toko : Memantau pekerjaan pegawai
2) Manager keuangan : Mengurus keuangan resto
ataupun
berfungsi sebagai
penasehat keuangan
3) Koki/cheff :
Memasak seblak yang dipesan
para
pelanggan
4) Pelayan :
Melayani setiap pesanan para
pelanggan
5) Kasir : Menerima pembayaran para
pelanggan
BAB V
ANALISIS KEUANGAN
1.
Perencanaan Keuangan
Ø Modal tetap yang
diperlukan
-
Sewa bangunan Rp. 50.000.000
-
Renovasi Rp. 10.000.000
-
Etalase Rp. 5.000.000
-
Mesin
kasir Rp. 5.000.000
-
1 buah kompor
gas Rp. 500.000
-
1 buah tabung gas 12
kg Rp. 150.000
-
Kursi
meja Rp 25.000.000
-
Alat dapur
lainnya Rp. 25.000.000 +
Rp.120.500.000
Ø Bahan-bahan :
1)
Bawang merah 5
kg Rp. 150.000
2)
Bawang putih 5
kg Rp. 250.000
3)
Kencur 5
kg Rp. 150.000
4)
Cabe rawit 10
kg Rp 400.000
5)
Garam dan penyedap Rp. 100.000
6)
Telur 10
kg Rp. 200.000
7)
Daun bawang 3
kg Rp. 90.000
8)
Daun jeruk 2
kg Rp. 20.000
9)
Bahan utama
seblak Rp. 5.000.000 +
Rp. 6.360.000
Ø Tenaga Kerja
a)
Gaji Manager
Keuangan Rp. 2.500.000
b)
Gaji
Koki Rp. 2.500.000
c)
Gaji Kasir Rp. 1.500.000
d)
Gaji Pelayan (4orang) Rp. 6.000.000 +
Rp. 12.500.000
Ø Rencana Hasil Penjualan
Produk Rp. 27.750.000
Ø Rencana Jumlah
Biaya Rp.
18.860.000 -
Ø Laba
Kotor Rp. 8.890.000
BAB VI
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Proposal ini kami buat dengan sebaik-baiknya dan semoga
dapat bermanfaat bagi diri penulis sendiri pada khususnya dan para pembaca pada
umumnya. Bila ada kata-kata yang kurang berkenan bagi para pembaca , kami
mohon maaf sebesar-besarnya. Demikian atas berkenannya kami ucapkan
terima kasih.
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar